Search This Blog

Saturday, December 8, 2012

Verb (Kata Kerja) #1


Kalian  pasti sering menemukan istilah “Verb” dalam bahasa Inggris. Tapi, mungkin sebagian dari kalian belum tahu apa itu “verb”. Verb dala bahasa Indonesia disebut dengan KATA KERJA. Kalian pasti sudah tahu apa itu kata kerja kan. Kata kerja dalam Indonesia memiliki dua bentuk, yaitu kata kerja bentuk dasar seperti : minum, makan, ajar, duduk, dll. Dan kata kerja jadian atau berimbuhan, seperti : meminum, dimakan, mengajar, belajar, menduduki, dll.

Sedangkan ,kata kerja dalam bahasa Inggris menurut tenses atau kala-nya terdiri dari beberapa bentuk. Meliputi  kata kerja dasar (to infinitive), present, past, past participle, continuous, dll. 
     
     A.      Bentuk dasar/ to infinitive
Kata kerja dasar atau to infinitive adalah kata kerja yang akan kita temukan ketika kita mencari di kamus. Misalnya, kata kerja “went”. Kamu tidak akan mendapatkan kata ini di kamus formal, karena kata kerja ini bukan merupakan kata dasar / bentuk kamus, sehingga kamu harus mencari akar kata / bentuk dasarnya, yaitu “go”.

Kata kerja bentuk dasar dapat juga dipakai di dalam kalimat. Biasanya dipakai ketika menggabungkan 2 kata kerja yang saling melengkapi. Dan kata dasarnya diikuti oleh “to”.
Misalnya :
1.       I wanted to go to school yesterday.
Pada kalimat di atas, terdapat kata kerja dasar “to go” yang didahului oleh kata kerja berimbuhan, yaitu “wanted” (kata kerja bentuk 2 / past tense).
2.        I’m going to read that book.
Pada kalimat di atas, terdapat kata kerja dasar “to read” yang didahului oleh kata kerja “am going” (kata kerja continuous).
  
    B.      Bentuk present
Tidak terlalu berbeda dengan kata kerja bentuk dasar, kata kerja bentuk present tidak menggunakan tambahan apapun. Perbedaannya adalah ketika kata kerja ini dilakukan oleh subjek orang ketiga tunggal, yaitu “he” (dia lk), dan “she” (dia pr). Ketika kata kerja bentuk present dilakukan oleh “he” dan “she”, maka kata kerjanya ditambah akhiran –s. untuk lebih jelasnya simak beberapa contoh kalimat di bawah :
1.       She writes a letter to her friend.
Pada kalimat di atas kata kerja “write” berubah menjadi “writes” karena bentuk tenses dari kalimat di atas adalah present.
2.       He plays badminton.
Play => plays
3.       Jaya comes to my house.
Pada kalimat di atas, subjeknya adalah “Jaya”. Yang harus kita ingat adalah “he” , “she” dan “it” adalah kata ganti orang ketiga tunggal. Dan semua nama orang dan benda yang tunggal memiliki sama dengan “he”, “she”, dan “it”. Untuk lebih memahami simak contoh berikutnya :
4.       My school has 14 classrooms and 5 laboratories.
My school = it, sehingga kata kerjanya adalah bentuk –s.
5.       Dewi wears a beautiful dress.
Dewi = she, sehingga kata kerjanya adalah bentuk –s.

   
   bersambung:   
    verb-kata-kerja-2

No comments:

Post a Comment